PENGANTAR
BISNIS INFORMATIKA
TUGAS
2
Nama : Rahmat
Yushardi
NPM : 57413187
Kelas : 4IA12
Aspek
Pemasaran
Pemasaran adalah proses
penyusunan komunikasi terpadu yang bertujuan untuk memberikan informasi
mengenai barang atau jasa dalam kaitannya dengan memuaskan kebutuhan dan
keinginan manusia.
Pemasaran dimulai dengan
pemenuhan kebutuhan manusia yang kemudian bertumbuh menjadi keinginan manusia.
Contohnya, seorang manusia membutuhkan air dalam memenuhi kebutuhan dahaganya.
Jika ada segelas air maka kebutuhan dahaganya akan terpenuhi. Namun manusia
tidak hanya ingin memenuhi kebutuhannya namun juga ingin memenuhi keinginannya
yaitu misalnya segelas air merek Aqua yang bersih dan mudah dibawa. Maka
manusia ini memilih Aqua botol yang
sesuai dengan kebutuhan dalam dahaga dan sesuai dengan keinginannya yang juga
mudah dibawa.
Proses dalam pemenuhan
kebutuhan dan keinginan manusia inilah yang menjadi konsep pemasaran. Mulai
dari pemenuhan produk (product), penetapan harga (price), pengiriman barang
(place), dan mempromosikan barang (promotion). Seseorang yang bekerja dibidang
pemasaran disebut pemasar. Pemasar ini sebaiknya memiliki pengetahuan dalam
konsep dan prinsip pemasaran agar kegiatan pemasaran dapat tercapai sesuai
dengan kebutuhan dan keinginan manusia terutama pihak konsumen yang dituju seperti
spesifikasi produk.
Spesifikasi
Produk / Jasa
Spesifikasi didefinisikan
sebagai uraian yang terperinci mengenai persyaratan kinerja (performance)
barang/jasa atau uraian yang terperinci mengenai persyaratan kualitas material
dan pekerjaan yang diberikan penyedia (conformance) barang/jasa.
Uraian spesifikasi
hendaknya memenuhi 5 W + 1 H. What mengandung unsur kualitas dan kuantitas
barang/jasa. When mewakili waktu. Where mengandung unsur lokasi. Who menyangkut
target kelompok penyedia yang dapat mengadakan barang/jasa. How menunjukkan
cara yang tepat untuk menjamin value barang/jasa yang didapatkan. Terakhir why
mewakili keterikatan barang/jasa dengan sasaran kegiatan.
Segmentasi
Produk Pasar
Segmentasi pasar yang
paling sering diucapkan para ahli adalah: “Suatu proses untuk membagi-bagi atau
mengelompokkan konsumen ke dalam kotak-kotak yang lebih homogen. Karena pasar
sifatnya sangat heterogen, maka akan sulit bagi produsen untuk melayaninya.
Oleh karenanya pemasar harus memilih segmen-segmen tertentu saja dan
meninggalkan bagian pasar lainnya. Bagian atau segmen yang dipilih itu adalah
bagian yang homogen yang memiliki ciri-ciri yang sama dan cocok dengan
kemampuan perusahaan untuk memenuhi tuntutan-tuntutannya. Segmentasi pasar
adalah suatu konsep yang sangat penting dalam kehidupan ini. Dalam kegiatan
bisnis segmentasi pasar digunakan untuk memilih pasar sasaran, mencari peluang,
menggerogoti segmen pemimpin pasar, merumuskan pesan-pesan komunikasi, melayani
lebih baik, menganalisis prilaku konsumen maupun mendesain produk.
Analisa
Situasi Pasar
Analisa pasar dilakukan
untuk menemukan peluang bisnis dan potensi yang bisa dimanfaatkan. Besarnya
potensi tersebut bisa diukur dengan berbagai faktor, terutama keberterimaan
suatu produk atau jasa di wilayah tertentu. Bisnis bisa berjalan selama masih
ada konsumen yang mau membeli produk atau jasa tertentu untuk memenuhi
kebutuhan mereka. Produk atau jasa keuangan disediakan oleh pebisnis untuk
memenuhi kebutuhan ini. Analisa pasar adalah faktor paling penting yang tidak
boleh dilewatkan sebelum melakukan usaha tertentu. Hasil dari analisa tersebut
akan sangat berguna untuk mengetahui seberapa besar potensi bisnis yang ada dan
berapa lama suatu bisnis bisa bertahan.
Keberhasilan bisnis salah
satunya ditentukan oleh kemampuan memahami pesaing. Output dari kemampuan
tersebut, menopang manajemen dalam memutuskan dimana akan bersaing dan
bagaimana posisi diantara pesaing. Demikian karena, analisis dilakukan dengan
cara identifikasi industri dan karakteristiknya, identifikasi bisnis di dalam
industri, kemudian masing-masing bisnis pun dievaluasi, prediksi aktifitas
pesaing termasuk identifikasi pesaing baru yang mungkin menerobos pasar maupun
segmen pasar.
Analisa persaingan
merupakan sebuah usaha untuk mengidentifikasi ancaman, kesempatan,
ataupermasalahan strategis (strategy question) yang terjadi sebagai akibat dari
perubahan persaingan potensial, serta kekuatan dan kelemahan pesaing.
Analisa
Pesaing
Pesaing dideskripsikan dan
dianalisis, pesaing di evaluasi, serta kemudian tindakan pesaing pun diprediksi
secara tepat. Yang dimaksud pesaing termasuk didalamnya pesaing baru yang
berpeluang mengacungkan jari telunjuk sebagai tanda kehadiran. Analisis
persaingan merupakan aktifitas yang terus menerus dan memerlukan koordinasi
informasi. Bisnis dan unit bisnis menganalisis pesaing dapat dengan cara
menggunakan sistem intelejen pesaing.Untuk kepentingan itu, beberapa teknik
dilakukan seperti pencarian database, survey konsumen, wawancara dengan pemasok
serta partisipan lainnya yang sesuai, perekrutan karyawan pesaing termasuk
mempelajari produk pesaing. Setiap teknik yang telah dikemukakan, tampak
didalamnya mengandung unsur titik kedinamisan.
Strategi
Promosi
Produsen sebuah produk baik barang atau jasa,
membutuhkan strategi promosi yang tepat untuk mengenalkan produknya kepada
konsumen. Strategi promosi produk sangat dibutuhkan. Karena tanpa adanya
kegiatan promosi, sebuah produk tidak akan dikenal masyarakat. Makanya para
pengusaha saling berlomba menggunakan berbagai strategi untuk mempromosikan
produk mereka, guna memperoleh perhatian dari masyarakat.
Kegiatan promosi produk tidak selamanya membutuhkan
biaya yang cukup besar. Bagi Anda yang memiliki dana terbatas sekalipun,
kegiatan promosi produk juga dapat dilakukan. Yang terpenting adalah
kreatifitas Anda untuk menyusun strategi promosi dengan meminimalisir dana.
Namun tetap perlu diingat, promosi dengan dana yang optimal, tentu akan
menghasilkan respon pasar yang lebih optimal.
Media
Promosi Berbasis TIK
Ada beberapa jenis media promosi berbasis TIK,
yaitu melalui iklan, website, brosur,
dan interaktiv CD. Melalui website kita dapat memasarkan produk dengan lebih
gampang, karena informasi yang diberikan memalui website lebih banyak daripada
iklan televisi. Tampilan pada website pun bisa dibuat semenarik mungkin guna
membuat konsumen tertarik dengan produk yang kita pasarkan. Sedangkan brosur
adalah sehelai kertas yang berisi informasi dan gambar dari produk yang
dipasarkan.
Berikut contoh media promosi berbasis TIK yaitu berupa
brosur :
Sumber
:
Komentar
Pribadi Mengenai Aspek Pemasaran
Apabila ingin mendirikan suatu usaha atau perusahaan yang
harus diperhatikan adalah aspek pemasaran yang bertujuan untuk memberikan
informasi mengenai barang atau jasa itu sendiri, dan berkaitan dengan memuaskan
kebutuhan yang diinginkan konsumen
Aspek pemasaran itu sendiri dimulai dengan kebutuhan
konsumen dan bertumbuh menjadi keinginan konsumen. Proses kebutuhan dan
keinginan konsumen ini lah merupakan konsep dari pemasaran. Mulai dari barang,
harga, pengiriman barang, dan promosi barang. Hal itu lah yang membuat konsumen
ingin mendapatkan suatu barang yang diingikan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar