Minggu, 09 Oktober 2016

Tugas Pengantar Bisnis Informatika

Pengantar Bisnis Informatika

Tugas 1

NAMA            : Rahmat Yushardi
Kelas               : 3IA12
NPM               : 57413187

1.      Definisi
·         Bisnis
Suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen untuk mendapatkan laba. Secara historis kata bisnis dari bahasa inggris (business), dari kata dasar busy yang berarti "sibuk" dalam konteks individu, komunitas, ataupun masyarakat. Dalam artian, sibuk mengerjakan aktivitas dan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan. http://bisnissecaraumum.blogspot.co.id/2015/11/pengertian-bisnis-bisnis-suatu.html
·         Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
TIK memuat semua teknologi yang berhubungan dengan penanganan informasi. Penanganan ini meliputi pengambilan, pengumpulan, pengolahan, penyimpanan, penyebaran, dan penyajian informasi. Jadi, TIK adalah teknologi yang berhubungan dengan pengambilan, pengumpulan, pengolahan, penyimpanan, penyebaran, dan penyajian informasi. http://www.zonasiswa.com/2014/10/pengertian-teknologi-informasi-dan.html
·         Bisnis Informatika
Dalam pengertian yang sederhana bisnis informatika adalah suatu kegiatan yang dilakukan individu atau sekelompok orang yang memiliki nilai (value) dengan tujuan mendapatkan keuntungan (profit) yang dilakukan dengan bantuan teknologi informasi. Yang dimaksud teknologi informasi disini mencakup semua hal yang berkaitan dengan teknologi informasi, seperti internet. http://bigwishes20.blogspot.co.id/2012/10/bisnis-informatika-bisnis-informatika.html
2.      Jenis Bisnis Informatika yang dipilih yaitu E-Commerce. E-Commerce yang saya pilih yaitu  bukalapak,  bukalapak. Bukalapak.com adalah e-commerce online marketplace yang bertujuan memberdayakan usaha kecil dan menengah (UKM) Indonesia dengan menjual produk-produk UKM secara online. Sejak didirikan pada tahun 2010, kini Bukalapak telah menjadi e-commerce besar yang paling berkembang di Asia Tenggara, dengan pertumbuhan penjualan 20 persen perbulan.
Dengan jumlah 150 ribu lebih Pelapak (UKM) yang telah bergabung, Bukalapak telah berhasil menjadi marketplace yang mampu mengumpulkan kelompok penjual di Indonesia dan menjadi online marketplace terbesar di Indonesia (menurut ComScore). Transaksi Penjualan :
·         Cari barang : mencari barang yang diinginkan dengan fitur Search atau berdasarkan kateogri
·         Klik Beli : Pilih barang yang diinginkan kemudian klik Beli.
·         Shopping Review : wajib melengkapi alamt pengiriman barang pada halaman shopping review.
·         Pembayaran : dapat dilakukan dengan pembaran ke rekening Bukalapak melalui BukaDompet, Mandiri ClickPay, BCA KlikPay, CIMB Clicks, Kartu Visa/Mastercard  atau Transfer.
·         Kofirmasi Terima Barang : setelah barang sampai, lakukan konfirmasi dengan menekan Konfirmasi Terima Barang pada halaman Detail Transaksi. Transaksi akan dianggap selesai setelah kamu memberikan konfirmasi terima barang kepada pelapak yang bersangkutan.
Kelebihan Bukalapak :
·         1 Data informasi pribadi sangat dijamin kerahasiaannya. Untuk penjual yang ingin selamat dari penipuan atau hal-hal yang merugikan, maka ikutilah aturan bukalapak.
·         Fitur berbayar untuk penjual di bukalapak sangat murah dan terjangkau.
·         Prioritas di Mesin Pencari.
·         Ongkos Kirim Otomatis.
·         Pasti Menerima Uang dan Testimoni Positif.
·         Mendapatkan Notifikasi Pesan.
Kekurangan Bukalapak
·         Pembaharuan terlambat pada saat barang sudah dikirim tapi tidak ada informasi jika barang sudah dikirim.
·         Tidak ada fitur promosi produk gratis.
3.      Perkembangan teknologi informasi di Indonesia dapat dikatakan sangatlah pesat terutama di bidang bisnis. Penggunaan komputer, software maupun internet di Indonesia mengalami perkembangan yang signifikan. Ini adalah salah satu bukti bahwa bisnis di bidang informatika dapat terus dikembangkan bahkan masyarakat dapat mengakses segala macam informasi dalam bentuk apapun di internet. Internet adalah jaringan komputer tanpa mengenal batas jarak dan waktu yang didalamnya terdapat berbagai sumber daya informasi dari mulai yang statis hingga dinamis dan interaktif. Tidak heran jika sumber daya manusia di bidang TI semakin dibutuhkan, banyak perusahaan yang menawarkan jasa maupun produk-produk nya lewat layanan internet ini selain biaya yang murah internet dapat diakses oleh seluruh kalangan masyarakat.
Seiring dengan bermunculannya web yang berbasis social media, penggunaan blog sebagai media tulis , web yang dipakai untuk transaksi jual/beli (e-commerce) maka tidak heran jika penggunaan internet di Indonesia sudah menjadi kebutuhan yang umum bagi masyarakat. Dengan semakin berkembangnya dunia internet masyarakat di Indonesia juga dimudahkan dalam melakukan transaksi perdagangan atau perniagaan barang dan jasa dengan media elektronik inilah yang disebut dengan E-Commerce. Masyarakat juga dapat menggunakan layanan internet untuk saling berkomunikasi dengan teman maupun saudara tanpa memikirkan waktu maupun jarak dengan adanya Social Media yang semakin berkembang (Facebook, twitter, dll ). Adapun masyarakat juga dapat mengakses informasi-informasi yang unik dan melakukan transaksi jual/beli pada situs Kaskus yang dibuat oleh orang Indonesia.
Dengan semakin meningkatnya akses internet di Indonesia maka pelayan jasa penyedia internet di Indonesia (Provider) semakin bertambah pula. Dari mulai penyedia layanan telekomunikasi Indonesia yang menawarkan layanan internet berupa Speedy hingga ISP lain seperti Biznet, First media, dll. Penyedia layanan internet juga bersaing untuk memberikan akses internet yang lebih cepat dengan bandwitdh yang berbeda-beda. http://laksanadata.blogspot.co.id/2011/09/bisnis-informatika-dan-perkembangannya.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar