Minggu, 16 November 2014

Contoh-contoh New Media

1. Facebook
Facebook merupakan salah satu aplikasi yang jejaring social yang popular. Yang membuat para penggunanya bisa berinteraksi dengan orang diluar sana dengan dilengkapi fitur-fitur yang telah tersedia untuk memberikan kenyamanan pada saat berinteraksi.

Kelebihan:

  1. Memperbaharui status
  2. Layanan grup
  3. Chating
  4. Pada saat ini bisa melakukan video call
  5. Upload foto
  6. Layanan grup

Kekurangan:

  1. Banyaknya penyalahan penggunaan jejaring social ini, seperti:
  2. Akun-akun yang berbau pornografi
  3. Pemalsuan akun
  4. Penculikan
  5. Menyindirkan seseorang.




2. Youtube
Youtube ini merupakan salah satu aplikasi popular yang berbasis video dikarenakan memiliki banyak fungsi bagi para penggunanya.

Kelebihan:

  1. Dengan youtbe ini kita bisa menyaksikan siaran-siaran TV kesayangan kita apabila kita tidak sempat menonton TV, kita juga bisa melihat langkah-langkah pembuatan seperti aplikasi baru, video-video youtube ini memiliki banyak format video yang membuat para penggunanya nyaman untuk menyaksikan video.

Kekurangan:

  1. Apabila jaringan jaringan internet anda sedaang mengalami gangguan koneksi maka pengambilan video akan menglami gangguan dan apaa bila kita sedang asik menyaksikan video maka video tersebut akan mengalami buffering.
  2. Tidak tersedianya aplikasi langsung dari youtube untuk mendownload videonya, jadi kita harus mencari aplikasi download seperti IDM (Internet Download Manager).


3. Gmail
Sebagian masyarakat sekarang setidaknya memiliki email sendiri, bila tidak mempunyai email makaanda tidak bisa mempunyai aplikasi seperti facebook.
Aplikasi ini sekarang sangat diminati semua kalangan seperti mahasiswa, orang kantoran, dll. Aplikasi ini memungkikan mengalahkan fungsi sms yang hanya bisa melakukan pengirimann pesan saja, sedangkan email bisa mengirimkan file-file yang dibutuhkan.

Kelebihan:

  1. Memiliki kuota (kapasitas penyimpanan) lebih dari 2828MB yang diberikan secara gratis bagi penggunanya, sehingga kita tidak perlu menghapus email.
  2. Dapat diakses dismartphone
  3. Dapat dikonfigurasi unntuk memggunakan POP3. Dengan demikian kita dapat mendowload email sehinngga kita bisa membacanya dimana saja.

Kekurangan:

  1. Mungkin layanan Google Gmail memang sangat menarik dari segi fiturnya dan dari segi penggunanya juga semakin bertambah, dari mulai constumisasi skin, hingga kemudahan untuk melacak email yang memiliki kesamaan tema. Namun, layanan Gmail juga memiliki beberapa kekurangan.
  2. Tidak ada menu drag and drop, aplikasi ini tela digunakan oleh email tetapi tidak digunakan oleh gmail. Tampaknya sederhana, namun para pengguna akan senang dan lebih praktis.


4. Wikipedia
Wikipedia banyak disebut sebagai ensiklopedi online. Pada dihalan awal Wikipedia merupakan ensiklopedi isi bebas pada tahun 2003. Artikel diwikipedia ini merupakan hasil kolaborasi oleh penyumbangsih seluruh dunia. Situs ini merupakan situs wiki yang artinya siapapun dapat menyunting artikel, baik itu menambahkan informasi baru, hanya dengan mengkik suntng diatas setiap halaman.

Kelebihan:
Mudah diakses
Terdapat informasi lengkap
Serig digunakan untuk para pelajar unntk mendapatkan pengetahuan baru
Jia terdapat kesalahan bisa langsung diperbaiki


Kekurangan:

  1. Kadang-kadang terdapat informasi yang tidak sesuai
  2. Sumber informasinya tidak jelas
  3. Kurangnya kesimpulan yang mendetail



5. Twitter
Twitter merupakan salah satu aplikasi jejaring social popular setelah facebook. Jejaring social ini sebuah layanan microblgging yang anggitanya dapat mengirimkan pesan singkat sampai 140 karakter.

Kelebihan:

  1. Mudah dinavigasi dan diperbaharui
  2. Menjangkau lebih luas tidak hanya sebatas teman
  3. Banyak aplikasi ang dikembangkan seperti twitterrific,summize, twhirl, dll
  4. Alat komunikasi yang cepat tangap


Kekurangan:

  1. Lebih menekankan pada perhitungan follower
  2. Pengiriman dibatasi cuman 140 karakter setiap update
  3. Mudah disalah gunakan seperti hal yang berbau criminal



Sumber
http://cecepmauludin.blogspot.com/
http://lhiasusan20.blogspot.com/2013/11/contoh-aplikasi-new-media.html
http://kedai-ict.blogspot.com/2011/11/review-g-mail.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar