Senin, 06 Oktober 2014

New Media

DEFINISI NEW MEDIA

New Media atau Media Baru adalah istilah yang digunakan untuk mencakup kemunculan digital, komputer atau jaringan teknologi informasi dan komunikasi yang dimulai dari abad ke-20. New Media mencakup media tradisional seperti gambar, film, musik, dengan kekuatan interaktif dari komputer dan teknologi komunikasi. Sebagian besar teknologi yang digambarkan sebagai 'media baru' adalah digital, yang sering kali memiliki karakteristik dapat dimanipulasi, bersifat jaringan, padat, interaktif dan memihak.


PANDANGAN TENTANG NEW MEDIA

New Media merupakan perkembngan baru dari media-media yang telah digunakan manusia. Karakternya yang merupakan bentuk digital tentu memudahkan dalam bertukar informasi dan berbagai kegiatan lainnya. Namun seiring perkembangan 'New Media' bisa memberikan dampak negatif juga, yaitu dapat mengakses situs yang berbau porno dan kekerasan dengan mudah.


MANFAAT NEW MEDIA

  • Bidang Pendidikan
Dapat menjadi sarana belajar dan saling bertukar informasi untuk pelajar yang ingin mendapatkan materi yang diinginkan. bisa melalui search engine kita bisa mendapatkan segala informasi, atau dengan fasilitas E-book, fasilitas email juga bisa membantu dalam proses mengerjakan tugas atau bertukar informasi.

  • Bidang Bisnis
Sangat berguna sebagai perantara jual beli secara online sehingga memudahkan para penjual maupun pembeli untuk mempromosikan barangnya misalnya Toko Bagus, Berniaga, dan online shop lainnya.

  • Bidang Sosial
New Media sangat berpengaruh besar dalam bidang sosial atau sering disebut dengan Jejaring Sosial yang berfungsi sebagai medium komunikasi bagi para pengguna internet untuk bersosialisasi misalnya facebook, path, twitter, yahoo, What's up.

  • Bidang Pekerjaan
Sebagai media untuk mencari, memberitakan, dan memuat info lowongan keerja sehingga memudahkan para pengguna untuk mengaksesnya.


KOMPONEN NEW MEDIA

Komponen New Media terdiri dari Handphone / Smartphone, Komputer, Laptop. Pada saat ini masyarakat memilih handphone / smartphone untuk mengakses jejaring sosial dan informasi terbaru, hal ini disebabkan karena smartphone lebih mudah digunakan dimana saja dan tidak membutuhkan waktu yang lama.


CONTOH APLIKASI NEW MEDIA
  • Jejaring Sosial
Contoh aplikasi new media dalam bidang jejaring sosial yaitu facebook, path, twitter, skype, What's up dan lain-lain. Aplikasi ini sangat mudah digunakan bagi masyarakat untuk mengaksesnya, Aplikasi ini bisa mengupload foto, video call, update status, dan lain-lain.

  • Berita
Contoh aplinkasi new media dalam bidang berita yaitu Okezone.com, Detik.com, Kompas.com. Aplikasi ini kita dapat mengaksesnya dengan mudah karena peristiwa-peristiwa baru dapat diketahui saat itu juga.

  • Pendidikan
Contoh aplikasi new media dalam bidang pendidikan yaitu seperti E-Book, E-Learnig, Google, Wikipedia. Dari beberapa aplikasi ini dengan mudahnya mengakses pembelajaran yang dibutuhkan bagi kalangan siapa saja.







Sumber:












Tidak ada komentar:

Posting Komentar